Selasa, 31 Januari 2023

Walikota Depok Minta Saka Bakti Husada Implementasikan Germas

- Rabu, 20 Juli 2022 | 23:42 WIB

RADARDEPOK.COM, DEPOK - Sebagai kader pembangunan di bidang kesehatan. Walikota Depok, Mohammad Idris menginginkan, anggota Saka Bakti Husada mengimplementasikan Gerakan Serentak (Gertak) Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Kota Depok Sehat, Indonesia Kuat (Kode Hatiku) dan Perilaku Hidup Sehat (PHBS) kepada masyarakat luas.

Kami ingin Saka Bakti Husada ini dapat menjadi salah satu aktor penggerak pembangunan kesehatan dalam membudayakan Germas untuk pencapaian masyarakat yang sehat, bugar, dan produktif,” kata dia, Rabu (20/7).

Dia menyebutkan, Saka Bakti Husada berperan dalam membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui enam krida yakni bina keluarga, bina lingkungan sehat, penanggulangan penyakit, bina gizi, bina obat dan bina perilaku hidup bersih dan sehat. Bahkan, kebiasaan Germas itu dapat diterapkan pada diri sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar.

Juga dengan memeriksakan kesehatan secara rutin untuk mengetahui tingkat kesehatannya,” tutur Idris.

Idris mengungkapkan, setidaknya ada tiga kegiatan Germas yang dapat dilakukan seperti melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari serta mengonsumsi buah dan sayur.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinkes Kota Depok, Zakiah mengatakan, sosialisasi Germas dilakukan sebagai upaya dalam memberdayakan kelompok masyarakat menjadi promotor dalam implementasi Germas dan PHBS secara lebih jauh lagi. Salah satunya, melalui pemberdayaan satuan karya pramuka.

Sasaran kami melalui Saka Bakti Husada dapat turut serta mengupayakan program Gertak Germas Kode Hatiku untuk disampaikan kepada masyarakat luas. Dengan begitu, pembangunan kesehatan masyarakat dapat terus meningkat,” sebut dia.

Semakin dalam, dia berujar, pihaknya ingin Saka Bakti Husada juga dapat mengajak seluruh anggotanya untuk dapat berperilaku hidup sehat. Sehingga, dapat menjadi pelopor kesehatan mulai dari diri sendiri, keluarga hingga masyarakat.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Tega Banget, Bayi Siapa di Gang Kelinci Beji?

Rabu, 20 Juli 2022 | 23:42 WIB

Desduy Kitchen Sediakan Ragam Kue Lebaran

Rabu, 20 Juli 2022 | 23:42 WIB

Depok Punya 14 Parameter Kemiskinan

Selasa, 19 Juli 2022 | 23:42 WIB

2023 Kantor Kelurahan Mampang Rehab Total

Selasa, 19 Juli 2022 | 12:42 WIB

Jaksa Agung Apresiasi Webinar Kejari Depok dan UI

Selasa, 19 Juli 2022 | 00:42 WIB

3.486 Angkot di Depok Berbadan Hukum

Selasa, 19 Juli 2022 | 00:42 WIB

Ekskul Futsal di Kota Depok Paling Diminati

Minggu, 17 Juli 2022 | 22:42 WIB
X