Jumat, 31 Maret 2023

Komitmen Kang Dasuk Terhadap Keberagaman dan Anti Diskriminatif

- Sabtu, 25 Februari 2023 | 09:22 WIB
Daden Sukendar  (Facebook Daden Sukendar)
Daden Sukendar (Facebook Daden Sukendar)

RADAR JABAR - Ketua Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sukabumi Daden Sukendar mempunyai sikap yang beda dalam memperlakukan golongan maupun keyakinan yang berbeda.

Hal tersebut ia buktikan dengan terjadinya kasus pengrusakan, terakhir penyegelan oleh aparat Kabupaten Sukabumi terhadap rumah ibadah dan madrasah miliknya Jemaat Ahmadiyah

Menurut salah satu penggerak Gusdurian Sukabumi M.Tirta Wijaya Aswara mengatakan bahwa Kang Dasuk adalah orang yang komitmen dan konsisten menjaga keberagaman.

Baca Juga: Beda Memperlakukan Ahmadiyah Karena Demi Kerukunan, Daden Sukendar Didesak Mundur dari MUI dan FKUB

"ia memilih untuk tetap menjaga kerukunan, hadir di forum Ahmadiyah, memberikan pelayanan terbaik, dan mungkin saja pendidikan terbaik bagaimana seharusnya hidup di tengah keberagaman. Itu kan dakwah, dan sejatinya dakwah harus dilakukan dengan cara yang ramah bukan marah," kata Tirta

Tirta juga berpendapat, menurutnya wajar jika sekelas Ketua FKUB bersikap merangkul karena demi menjaga kerukunan tidak boleh ada diskriminasi.

"Indonesia memang beragam, tak heran jika kemudian hadir wadah semacam FKUB. Namanya saja FKUB, forumnya untuk kerukunan, memupuk kebersamaan diantara yang berbeda. Entah dari sisi pilihan politik, agama, bahasa serta perbedaan yang lain," tambahnya.

Baca Juga: Maklumat, MUI Kabupaten Sukabumi Larang Umat Muslim Rayakan Valentine Day

Tirta juga menyinggung soal perbedaan keyakinan, menurutnya perbedaan itu tidak bisa diganggu gugat.

"Ahmadiyah dalam hal ini, dari sisi keyakinan, kita sudah final. Saya mempercayakan kepada para sepuh, kiai, ulama, serta pihak terkait lainnya. Tapi mohon, jangan lukai mereka dengan sikap arogansi. Jangan mentang-mentang kita ini mayoritas, merasa paling benar," tegas mantan Ketua IPNU Kota Sukabumi itu

Sebab, kata Tirta, secara prinsip Kang Daden selaku Ketua FKUB sudah menempuh upaya komunikasi yang baik dengan beberapa pihak.

Baca Juga: MUI Kabupaten Sukabumi Soroti Ajaran Ahmadiyah

Dihubungi terpisah, Kang Daden Sukendar mengaku bahwa ia sempat memberikan saran langsung terhadap Bupati Sukabumi.

"Sebelumnya, di salah satu forum rapat bersama Forkopimda, saya menyampaikan saran kepada bupati agar tidak bertindak gegabah terhadap Jemaat Ahmadiyah. Persoalan Ahmadiyah di indonesia sedang mereda jangan malah justru dihangatkan oleh kebijakan beberapa pihak di Sukabumi," tutur Kang Dasuk, sapaan krabnya. Dikutip dari pesan singkat yang ia kirimkan pada Rabu, (22/02).

Halaman:

Editor: Amus Mustaqim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yonarmed 13 Kostrad Gelar Uji Siap Jasmani Militer

Selasa, 28 Maret 2023 | 01:30 WIB

Kecelakaan Maut di Cicantayan, Pengendara Motor MD

Senin, 27 Maret 2023 | 23:00 WIB
X