Minggu, 5 Februari 2023

Tergerus Sungai Cimandiri, Jembatan Penghubung Antar Kecamatan di Sukabumi Mengkhawatirkan

- Sabtu, 21 Januari 2023 | 08:19 WIB
Jembatan penghubung antar Kecamatan Cikembar dengan Jampang Tengah Kabupaten Sukabumi, rusak akibat tergerus aliran Sungai Cimandiri. (Dendi/Radar Sukabumi)
Jembatan penghubung antar Kecamatan Cikembar dengan Jampang Tengah Kabupaten Sukabumi, rusak akibat tergerus aliran Sungai Cimandiri. (Dendi/Radar Sukabumi)

Radarjabar.com - Jembatan Padabeunghar yang menghubungkan antara Kecamatan Cikembar dengan Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tergerus arus sungai Cimandiri dan terancam roboh.  

Jembatan dibawah pengawasan UPTD Jalan dan Jembatan Wilayah Pelayanan II Sukabumi pada Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Provinsi Jawa Barat itu, rusak pada bagian pondasi dan tembok penahan tanah jembatan.

Kepala Desa Padabeunghar, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, Hendrik mengatakan, kondisi rusaknya bagian pondasi yang berfungsi sebagai penyangga badan jembatan itu, kini sangat mengkhawatirkan.

Baca Juga: Setelah Diprotes Warga, Kontraktor Perbaikan Jembatan Bagbagan Sukabumi Akhirnya Pasang Benda Ini

"Iya, itu rusak pada tembok penyangga atau pondasi jembatannya. Karena, tergerus sungai Cimandiri yang mengalir ke saluran irigasi Leuwimasbar. Untuk kerusakannya ada sekitar 1,5 meter," kata Hendrik.

Ia mengaku, sudah melaporkan rusaknya pondasi jembatan kepada pemerintah Kecamatan Jampanga Tengah dan pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi hingga pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Kami sudah melaporkan kondisi ini, kepada Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat. Bahkan, kepada Pak Bupati juga sudah saya laporkan," bebernya.

Baca Juga: Pemotor Jatuh ke Sungai Cimandiri Sukabumi, Warga Minta Perbaikan Jembatan Bagbagan Dihentikan Dulu

Pihaknya berharap, pemerintah Provinsi Jawa Barat dapat segera memperbaiki jembatan tersebut. Mengingat, jembatan yang menghubungkan dua kecamatan ini, sangat vital untuk menunjang akses lalu lintas warga menuju tempat publik. Seperti layanan kesehatan, sekolah, pasar dan area publik lainnya.

Halaman:

Editor: Garis NB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Marak, Pabrik Garmen di Jawa Barat Dijual

Sabtu, 4 Februari 2023 | 13:37 WIB

MUI Kabupaten Sukabumi Soroti Ajaran Ahmadiyah

Jumat, 3 Februari 2023 | 23:22 WIB

Wali Kota Sukabumi Fokus Tuntaskan Kawasan Kumuh

Kamis, 2 Februari 2023 | 01:02 WIB
X