Minggu, 5 Februari 2023

Gempa Goyang Lagi Cianjur, Segini Kekuatannya

- Sabtu, 21 Januari 2023 | 14:28 WIB
Gempa bumi Kabupaten Cianjur
Gempa bumi Kabupaten Cianjur

RADARJABAR.com - Wilayah Kabupaten Cianjur dan sekitarnya kembali diguncang gempa bumi tektonik, Sabtu (21/1/2023) pukul 06:23 WIB.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa, gempa bumi di Cianjur kali ini berkekuatan M=3,4. Dengan episenter terletak pada koordinat 6.8 LS dan 107.07 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 8 km BaratLaut Cianjur pada kedalaman 4 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi di Cianjur, merupakan jenis gempa bumi dangkal diduga akibat aktivitas sesar Cugenang,” kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: Tergerus Sungai Cimandiri, Jembatan Penghubung Antar Kecamatan di Sukabumi Mengkhawatirkan

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa dirasakan di wilayah Kecamatan Pacet dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Kemudian, di Kota Cianjur dengan skala intensitas II – III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang – Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). “Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut,” kata Hartanto

Baca Juga: Modus Minta Duit, Pelaku Curas Motor di Parakansalak Diringkus Polisi

Berdasarkan hasil pengamatan BMKG, sejak 21 November 2022 hingga Sabtu 21 Januari 2023 pukul 07:00 WIB, telah terjadi gempa bumi di wilayah Cianjur sebanyak 482 kali.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujarnya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter  atau @infoBMKG), website (http://balai2.bmkg.go.id/ atau http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id).), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (Apg)

Halaman:

Editor: Asep Gunawan

Sumber: BMKG

Tags

Terkini

Gempa Goyang Lagi Cianjur, Segini Kekuatannya

Sabtu, 21 Januari 2023 | 14:28 WIB

ODGJ di Agrabinta Bakar Diri Sendiri

Rabu, 20 Juli 2022 | 23:42 WIB

Ada yang Baru di Kebun Raya Cibodas

Rabu, 20 Juli 2022 | 14:42 WIB
X