Senin, 6 Februari 2023

Destinasi Wisata Situ Gede Bogor Diresmikan Ridwan Kamil

- Sabtu, 21 Januari 2023 | 17:36 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Destinasi Wisata Situ Gede di Kelurahan Situ Gede, Kota Bogor, Kamis (18/1/2023).(Foto: Istimewa/Biro Adpim Jabar). (Asep G)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Destinasi Wisata Situ Gede di Kelurahan Situ Gede, Kota Bogor, Kamis (18/1/2023).(Foto: Istimewa/Biro Adpim Jabar). (Asep G)

RADARJABAR.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan Wista Situ Gede pasca penataan dan revitalisasi di Kelurahan Situ Gede, Kota Bogor, Kamis (19/1/2023).

Kawasan aset Pemda Provinsi Jabar dengan luas sekitar 4,2 hektare tersebut semakin kental dengan nuansa eksotis sebagai destinasi wisata dan pengembangan ekowisata.

Revitalisasi ini juga merupakan upaya peningkatan ekonomi bagi masyarakat Kota Bogor. “Silakan manfaatkan wisata Situ Gede yang sudah direvitalisasi oleh Provinsi untuk peningkatan ekonomi dan pariwisata,” kata Ridwan Kamil.

“Tidak banyak kota-kota yang punya danau, jadi betul-betul ini harus dijadikan tempat yang luar biasa. Kalau masih kurang nanti kita bikin sesuatu yang viral. Mudah-mudahan membawa kemaslahatan buat masyarakat,” imbuhnya.

Baca Juga: Indahnya Situ Sukarame Sukabumi, Panorama Mempesona

Turut hadir dalam acara peresmian Wali Kota Bogor Bima Arya. Situ Gede telah menjadi daya tarik wisatawan dalam beberapa tahun terakhir. Dengan adanya revitalisasi terdapat penambahan fasilitas menjadi lebih baik, salah satunya jogging track .

“Titip ke Pak Wali Kota, aktivasi ramaikan dengan kegiatan agustusan, Cap Go Meh, yang hubungannya dengan air atau perahu naga. Saya kira akan menjadi keunikan Kota Bogor yang luar biasa berbasis air,” ujarnya.

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil juga menitipkan, terkait kebersihan dan ketertiban Situ Gede supaya selalu dijaga khususnya pada warga Kota Bogor sebagai warga lokal. Situ Gede merupakan situ alami yang menyajikan suasana sangat natural. Air situ menjadi tabungan air yang tetap terjaga sepanjang musim.

Situ ini merupakan interkoneksi dari situ sekitarnya, yaitu Situ Leutik, Situ Panjang, dan Situ Burung sehingga pengembangan kawasan ini merupakan upaya konservasi sumber daya air dan pengendali banjir.

Baca Juga: Wisata Jungle Fest Bogor Kini Tinggal Nama, Ini Alasannya

Halaman:

Editor: Asep Gunawan

Tags

Terkini

Tahun Baru Imlek 2574 di Kota Bogor Meriah

Minggu, 22 Januari 2023 | 15:20 WIB
X