Senin, 6 Februari 2023

Sejarah Vihara Widhi Sakti Kota Sukabumi, Dimulai dari Praktisi Kungfu

- Minggu, 22 Januari 2023 | 17:21 WIB
Bangunan sejarah Vihara Widhi Sakti Jalan Pejagalan, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warungdoyong, Kota Sukabumi. (Radar Sukabumi)
Bangunan sejarah Vihara Widhi Sakti Jalan Pejagalan, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warungdoyong, Kota Sukabumi. (Radar Sukabumi)

RADARJABAR.com - Sejumlah bangunan di Kota Sukabumi Jawa Barat, memiliki nilai sejarah yang luar biasa. Satu diantaranya, Vihara Widhi Sakti bangunan tua dan bersejarah, di Jalan Pejagalan, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warungdoyong, Kota Sukabumi.

Dilansir dari Radar Sukabumi, Vihara Widhi Sakti Kota Sukabumi sangat lekat dengan sejarah, dimana bangunanya sudah berusia 110 tahun lebih, dibangun pada tahun 1908.

Vihara Widhi Sakti merupakan tempat ibadah bagi masyarakat Tionghoa Kota Sukabumi, didirikan ketika penyakit kolera mewabah dan menyerang dan menewaskan ratusan warga Sukabumi kala itu.

Baca Juga: Angpau Imlek 2023, Puluhan Narapidana Terima Remisi Khusus, Satu Napi Langsung Bebas

Mengutip dari berbagai sumber, Vihara Widhi Sakti Kota Sukabumi beberapa kali dilakukan renovasi dan didirikan oleh etnis Tionghoa bernama Thung Hoat Tiat praktisi kungfu yang hidup sederhana pada zaman kolonial.

Karena penyakit kolera yang saat itu mewabah dan telah memakan ratusan korban jiwa waktu itu, Thung Hoat Tiat berupaya mencari obat untuk menghentikan penyakit mematikan tersebut.

Kemudian, sekitar tahun 1908-an itu, ia lantas pergi ke seorang ahli pengobatan (sin she) yang berada di Bogor dengan menggunakan kereta api.

Baca Juga: Perayaan Imlek 2023, Ada Pesan Khusus Wali Kota Sukabumi

Dalam minta pertolongan dari leluhur, ia melakukan ritual Ciamsi. Ciamsi sendiri merupakan ritual yang dipercaya masyarakat Tionghoa untuk bermediasi dengan leluhutnya, mediasi itu menggunakan sebilah kayu.

Halaman:

Editor: Garis NB

Tags

Terkini

Wali Kota Sukabumi Fokus Tuntaskan Kawasan Kumuh

Kamis, 2 Februari 2023 | 01:02 WIB

Polsek Warudoyong Sukabumi Tingkatkan Sinegritas

Kamis, 2 Februari 2023 | 00:30 WIB

Wali Kota Sukabumi Lepas 14 ASN Purna Bhakti

Rabu, 1 Februari 2023 | 00:43 WIB
X