Jumat, 31 Maret 2023

4 Hal Yang Perlu kamu Lakukan Saat Terjadi Gempa Bumi.

- Rabu, 8 Februari 2023 | 10:51 WIB
Ilutrasi: cara menyelamatkan diri ketika terjadi gempa bumi (net)
Ilutrasi: cara menyelamatkan diri ketika terjadi gempa bumi (net)

RADAR JABAR - Gempa bumi adalah salah satu bencana alam yang tercatat sering terjadi, terkhusus di Indonesia yang merupakan kepulauan yang berada diatas sesar aktif, yang sewaktu-waktu bisa bergeser. 

Maka dipandang perlu adanya kemampuan mitigasi bencana secara mandiri, guna meminimalisir korban sebagai upaya penyelamatan diri saat gempa bumi terjadi.

Berikut ini, ada beberapa tips agar kamu tidak menjadi korban dari bencana gempa bumi:

Baca Juga: SDN Cisalimar Sukabumi Rusak Diguncang Gempa Bumi Magnitudo 5,2 Banten, Satu Siswa Luka

1. Jika bencana terjadi kamu berada didalam rumah, cobalah untuk sebisa mungkin meninggalkan ruangan dan mencari tempat yang jauh dari bangunan dan tiang listrik dan atau sejenisnya.

2. Kalau kamu sedang berada di dalam ruangan dan tak memungkinkan berlari keluar, kamu harus menurunkan posisi tubuh lebih rendah, mencari penutup kepala dan leher, berlindung dibawah meja atau kursi yang kuat untuk minghindari tertipa barang di atasmu, tetaplah berlindung di tempat tersebut hingga gempa berhenti.

3. Jika sedang berkendara, berhenti menepilah terlebih dahulu, cari tempat seaman mungkin, hindari berhenti di dekat pepohonan, gedung, dan tiang-tiang.

Baca Juga: Guncangan Gempa Bumi Berkekuatan Magnitudo 5,2 Terasa Hingga Sukabumi

4. Jika sedang berada dipantai, segeralah menjauh dari air dan cari tempat lapang yang tinggi, untuk langkah antisipasi jika gempa juga bisa memunculkan potensi tsunami.

Demikian, beberapa cara untuk menghindarkan-mu agar tidak menjadi korban gempa bumi. Dari kesemua hal itu bisa dilakukan apabila bisa mengontrol diri sepenuhnya, jadi pastikan kamu tetap tenang dan tidak panik. (Rizky Apriliana)

Editor: Amus Mustaqim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X