Minggu, 5 Februari 2023

Pemkab Bandung Jadikan Harganas ke-29 Momentun Penurunan Stunting

- Rabu, 20 Juli 2022 | 15:42 WIB

BANDUNG - Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 tahun 2022 menjadi momentum tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung dalam upaya penurunan angka stunting.

Hal tersebut diungkapkan Staf Ahli Pemerintahan, Hukum dan Politik Kabupaten Bandung Mochamad Usman.

Dirinya menjelaskan bahwa peringatan Harganas harus digunakan sebagai ajang sosialisasi dan optimalisasi fungsi keluarga di Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Bandung.

“Optimalisasi delapan fungsi keluarga, yakni: agama, sosial budaya, cinta kasih, melindungi, reproduksi, pendidikan, ekonomi, dan fungsi pembinaan lingkungan untuk mewujudkan keluarga yang berketahanan, sehingga akan terbangun kualitas masyarakat yang sehat untuk Indonesia kuat,” ujar Usman pada Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-29 Tingkat Kabupaten Bandung yang berlangsung di Hotel Sutan Raja Soreang, Rabu (20/7/2022).

Harganas merupakan perwujudan pentingnya arti keluarga terhadap upaya memperkuat ketahanan nasional. Sebagai institusi terkecil dalam masyarakat, keluarga menjadi pondasi penting awal pembangunan karakter bangsa.

Selain itu, Usman menerangkan, momentum Harganas menjadi ajang sosialisasi kepada keluarga untuk membantu percepatan penurunan stunting.

Diketahui, saat ini angka prevalensi stunting di Indonesia sebesar 24,4 persen (SSGBI 2021), sementara berdasarkan data dari Dinkes Jabar, presentase balita stunting di Kabupaten Bandung tercatat sebesar 7,32%.

Beberapa upaya telah dilakukan Pemkab Bandung dalam menurunkan angka stunting, diantaranya pembentukan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Tingkat Kabupaten, kecamatan dan desa. tim ini dibentuk bertujuan agar monitoring evaluasi pada proses dan capaian percepatan penurunan stunting dapat dilaksanakan secara optimal.

Halaman:

Editor: redaksijabar

Tags

Terkini

X