Selasa, 31 Januari 2023

BMKG akan Bangun Stasiun Geofisika di Kabupaten Sukabumi

- Selasa, 10 Januari 2023 | 23:49 WIB

SUKABUMI  – Deputi BMKG Bidang Geofisika Bandung, Suko Prayitno Adi menyatakan bahwa, di Kabupaten Sukabumi akan dibangun Unit Pelaksana Teknis Daerah (Stasiun) Geofisika. Hal ini dalam rangka memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat di Kabupaten Sukabumi.

Informasi itu disampaikan Deputi Bidang Geofisika Bandung saat melakukan pertemuan dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman di ruang rapat Wakil Bupati Kabupaten Sukabumi, Palabuhanratu, Selasa (10/1).

Suko menjelaskan, saat ini kantor BMKG yang berada di Palabuhanratu hanya berupa Pos Observasi Geofisika. Namun dalam waktu dekat ini, selain pos juga akan dibangun Stasiun Geofisika Kabupaten Sukabumi.

“Dengan adanya stasiun Geofisika di Kabupaten Sukabumi pelayanan kami akan lebih optimal, sehingga pelayanan masyarakat bisa teredukasi langsung dari kantor kami secara tatap muka,” kata Suko.

Kata Suko lagi, pantai selatan Jawa hampir semua berpotensi tsunami dengan memiliki potensi gempa berkekuatan diperkirakan 8,7 SR. Maka dengan perkiraan ini BMKG akan mengedukasi masyarakat supaya sadar tentang potensi yang ada tersebut.

“Edukasi terhadap masyarakat itu misalnya evakuasi mandiri dan pendidikan masyarakat, itu akan kita utamakan bersama Pemerintah Daerah,” tuturnya.

Suko berharap, stasiun geofisika di Kabupaten Sukabumi bisa segera direalisasikan demi kesenjangan pelayanan prima terhadap keselamatan masyarakat.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman sangat mendukung terlaksananya pembangunan stasiun geofisika di Kabupaten Sukabumi. Karena Sukabumi merupakan daerah rawan bencana kedua se-Jawa Barat setelah daerah Cianjur.

“Kami mendukung penuh dari segala aspek yang akan dibangun oleh BMKG, intinya kami akan suport dalam penanggulangan bencana di daerah Kabupaten Sukabumi,” ucap Ade. (izo)

Halaman:

Editor: redaksijabar

Terkini

Hiii, Sarang Tawon Raksaksa Hantui Warga Cikakak

Kamis, 26 Januari 2023 | 23:53 WIB
X