Senin, 6 Februari 2023

Diskominfo Kota Sukabumi Siapkan Antisipasi, Jika Google, WhatsApp, Facebook, dan Instagram Diblokir

- Rabu, 20 Juli 2022 | 00:45 WIB

Sumber: Radar Sukabumi

SUKABUMI – Wacana pemblokiran Google, WhatsApp, Facebook, dan Instagram oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) mengundang kekhawatiran berbagai kalangan. Tak terkecuali pemerintah daerah.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Sukabumi, Rahmat Sukandar mengaku pihaknya sudah menyiapkan beberapa antisipasi jika sampai terjadi pemblokiran.

“Tentunya kami sudah menyiapkan langkah antisipasi. Tapi sejauh ini, kami masih meyakini pihak Google dan lainnya yang terancam diblokir bisa memenuhi tuntutan dari pemerintah,” ucapnya kepada Radar Sukabumi, kemarin (19/7).

Menurutnya, dengan jumlah pengguna hampir 80 persen dari total penduduk Indonesia, pihak Google dan lainnya tentu tidak ingin kehilangan para penggunanya. “Semoga saja pemblokiran ini tidak terjadi. Karena tentu akan ada banyak pihak yang dirugikan,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Semuel Abrijani Pangerapan blak-blakan terkait aturan pemblokiran Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat.

Bagi perusahaan yang beroperasi secara digital di Indonesia, baik itu PSE domestik maupun PSE Asing, diwajibkan untuk melakukan pendaftaran sampai batas akhir 20 Juli 2022. Lewat tanggal tersebut, PSE tersebut dinyatakan ilegal dan terancam diblokir.

Semuel mengungkapkan PSE yang tidak mendaftarkan diri tidak langsung kena blokir Kominfo, tetapi akan melalui beberapa tahapan terlebih dahulu sebelum ujungnya pemutusan akses terhadap layanan mereka.

“Jadi, kita bilang batas waktunya sampai tanggal 20 Juli jam 23.59, masuk tanggal 21 Juli di jam kerja itu langsung kita review dan mereka kena sanksi, ada tiga, teguran tertulis, denda, atau pemutusan sementara,” ujar Semuel.

Disampaikan Dirjen Aptika bahwa pemblokiran aplikasi PSE itu merupakan hak prerogatifnya Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate. Namun untuk sampai ke tahapan pemblokiran, melalui proses sebelumnya terlebih dahulu.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Wali Kota Sukabumi Fokus Tuntaskan Kawasan Kumuh

Kamis, 2 Februari 2023 | 01:02 WIB

Polsek Warudoyong Sukabumi Tingkatkan Sinegritas

Kamis, 2 Februari 2023 | 00:30 WIB

Wali Kota Sukabumi Lepas 14 ASN Purna Bhakti

Rabu, 1 Februari 2023 | 00:43 WIB
X