Minggu, 5 Februari 2023

Baznas Kota Sukabumi HUT ke 22, Optimalkan ZIS dan Bentuk Program Khusus

- Rabu, 18 Januari 2023 | 22:57 WIB

SUKABUMI - Di momen hari ulang tahun ke 22, Baznas Kota Sukabumi mulai melaunching beberapa program strategis untuk tahun ini. Salahsatunya Baznas akan melakukan optimalisasi perhimpunan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS).

Ketua Baznas Kota Sukabumi Miftah Amir mengatakan, di tahun 2023 tepatnya di usia Baznas ke 22 tahun. Pihaknya akan meningkatkan target perhimpunan ZIS sebesar Rp. 7,5 miliar dengan kenaikan sebesar 25% dari target tahun lalu diangka Rp. 6,6 miliar.

"Tepat dengan satu tahun kepemimpinan saya tahun kemarin baru merapihkan formasi, pengelolaan, dan SOP kita mengkaji potensi yang ada. Nah untuk tahun ini bertepatan dengan HUT kita ingin meningkatkan perhimpunan ZIS," kata dia usai melaksanakan peringatan HUT ke-22 Baznas dan Penganugerahan Baznas Award ydi Gedung Puski Kota Sukabumi, Rabu (18/1/23).

Dia menjelaskan, pokus penghimpunan itu akan dilakuakn kepada para pekerja. Dimana saat ini di Kota Sukabumi terdapat 120.000 data pekerja. Dari data itu sekitar 40% mayoritas merupakan pedagang. Jika di optimalkan potensi ZIS dari para pedagang ini mencapai Rp. 46 miliar.

Untuk itu Baznas akan melakukan optimalisasi penghimpunan karena sejauh ini paling banyak penyerapan ZIS bersumber dari PNS.

"PNS saat ini 80% yang paling banyak dalam ZIS. Sedangkan potensi ZIS dimasyarakat ini potensi nya sangat maksimal sehingga kita akan segera kita optimalkan. Dengan tujuan untuk mengantisipasi kemiskinan ekstrem di masyarakat selaras dengan program pemerintah," paparnya.

Tidak hanya itu, sambung dia masih banyak potensi ZIS yang belum tergarap misalnya. Bersumber dari pegawai pabrik, perkantoran hingga pendidikan di Kota Sukabumi.

"Selain ini masih banyak pabrik hingga perkantoran lain yang berpotensi ZIS di Kota Sukabumi kita akan komunikasikan di pemilik pabrik. Insyallah ramadhan kita akan mulai sosialisasikan. Selain itu Dinas Pendidikan pun sama agar kita dorong meningkatkan infaq di setiap sekolah," sambungnya.

Selain itu tambah dia, Baznas pun kini memeliki program khusus lain. Salahsatunya, membentuk Baznas Peduli Bencana dan Distro Baznas.

Halaman:

Editor: redaksijabar

Tags

Terkini

Wali Kota Sukabumi Fokus Tuntaskan Kawasan Kumuh

Kamis, 2 Februari 2023 | 01:02 WIB

Polsek Warudoyong Sukabumi Tingkatkan Sinegritas

Kamis, 2 Februari 2023 | 00:30 WIB

Wali Kota Sukabumi Lepas 14 ASN Purna Bhakti

Rabu, 1 Februari 2023 | 00:43 WIB
X