Kamis, 30 Maret 2023

Sebentar Lagi Ramadhan Tiba. Berikut Ini Keistimewaannya, Umat Muslim Wajib Tahu!

- Sabtu, 11 Maret 2023 | 20:31 WIB
Ilustrasi, Ramadhan adalah bulan penuh berkah (net)
Ilustrasi, Ramadhan adalah bulan penuh berkah (net)

RADAR JABAR - bulan suci Ramadhan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim segera tiba. bulan Ramadhan bulan mulia, penuh berkah.

bulan Ramadhan memiliki sejumlah keistimewaan, dimana semua amal akan mendapat balasan berlipat. Karenanya sangat dianjurkan untuk memperbanyak amal dan mengurangi bahkan sebisa mungkin meninggalkan kemaksiatan.

dilansir NU Online, berikut keistimewaan bulan Ramadhan menurut beberapa keterangan hadits.

Baca Juga: Penutupan Kawasan Masjid Al Jabbar Diperpanjang Sampai 1 Ramadhan

1. Pada bulan Ramadhan, Allah SWT membebaskan penghuni neraka setiap malam di bulan Ramadhan.

Rasulullah SAW bersabda:

إذَا كَانَ أوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِرَمَضَانَ صُفِّدَتْ الشَّيَاطِيْنُ وَمَرَدَةُ الْجِنِّ وَغُلِّقَتْ أبْوَابُ النَّارِ فَلَمْ يُفْتَحْ مِنْهَا بَابٌ وَفُتِّحَتْ أبْوَابُ الجَنَّةِ فَلَمْ يُغْلَقْ مِنْهَا بَابٌ وَيُنَادِيْ مُنَادٍ يَا بَاغِيَ الْخَيْرِ وَيَا بَاغِيَ الشَّرِّ أقْصِرْ وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنَ النَّارِ وَذَلِكَ كُلُّ لَيْلَةٍ

“Jika awal Ramadhan tiba, maka setan-­setan dan jin dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup, tidak ada satu pintu pun yang dibuka. Sedangkan pintu-pintu surga dibuka, dan tidak satu pintu pun yang ditutup. Kemudian ada seruan (pada bulan Ramadhan); Wahai orang yang menginginkan kebaikan, datanglah. Wahai orang yang ingin kejahatan, tahanlah dirimu. Pada setiap malam Allah SWT memiliki orang-orang yang dibebaskan dari neraka.” (HR Tirmidzi).

Baca Juga: Jelang Ramadhan, Resto di Bogor Adakan Promo Cucurak Murah Meriah

2. Puasa bulan Ramadhan sebagai penebus dosa hingga datangnya bulan Ramadhan berikutnya.

Rasulullah SAW bersabda:

اَلصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ وَالْجُمْعَةُ إلَى الْجُمْعَةِ وَرَمَضَاُن إلَى رَمَضَانَ مُكَفِّرَاةٌ مَا بَيْنَهُنَّ إذَاجْتَنَبَ اْلكَبَائِرَ

“Jarak antara shalat lima waktu, shalat Jumat dengan Jumat berikutnya dan puasa Ramadhan dengan Ramadhan berikutnya merupakan penebus dosa-­dosa yang ada diantaranya, apabila tidak melakukan dosa besar.” (HR Muslim).

Baca Juga: Cucurak, Tradisi Masyarakat Bogor dalam Menyambut Bulan Ramadhan

Halaman:

Editor: Amus Mustaqim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X