Minggu, 5 Februari 2023

Honorer Galau, Hingga 2023 Belum Ada Kejelasan Soal Pengangkatan ASN

- Minggu, 22 Januari 2023 | 12:35 WIB
Ribuan tenaga honorer unras di depan kantor DPRD Kabupaten Sukabumi. (Radar  Sukabumi)
Ribuan tenaga honorer unras di depan kantor DPRD Kabupaten Sukabumi. (Radar Sukabumi)


RADARJABAR.com - Tenaga honorer saat ini tengah dihadapkan dengan kabar buruk akan dirumahkan pada awal bulan tahun 2023.

Terutama tenaga honorer dengan kategori guru dan tenaga kependidikan (tendik) yang saat ini menanti informasi kejelasan bagaimana nasib honorer ke depan.

Bagaimana tidak, pada seleksi pendaftaran PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) tahun 2022 hingga saat ini belum ada kejelasan terkait kapan honorer akan diangkat jadi pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Baca Juga: Guru Inpassing Cianjur Berharap Jadi ASN

Faktanya hingga saat ini para honorer masih harus bersabar sebab hingga awal bulan tahun 2023 mereka belum mendapatkan formasi.

Ditambah adanya Surat Edaran (SE) Bernomor B/185/M.SM.02.03/2022 yang diteken Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo pada 31 Mei 2022, menjadi kabar buruk bagi para honorer.

Dalam surat tersebut, mengacu pada UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, disebutkan dalam pasal 6 berbunyi pegawai ASN terdiri atas PNS dan PPPK.

Baca Juga: ASN Kurban 357 Sapi, 227 Kambing

Maka, setelah aturan ini berlaku, pegawai non-PNS yang bertugas pada instansi pemerintah termasuk pegawai yang bertugas pada lembaga non struktural, instansi pemerintah termasuk pegawai yang bertugas pada lembaga non struktural serta instansi pemerintah yang menerapkan pola pengelolaan keuangan badan layanan umum/badan layanan daerah.

Melalui Pasal 99 ayat 2 berbunyi pegawai non-PNS dalam jangka waktu paling lama 5 tahun dapat diangkat menjadi PPPK apabila memenuhi persyaratan sebagaimana diatur dalam peraturan pemerintah.

Halaman:

Editor: Garis NB

Tags

Terkini

47.494 BUMDes Belum Memiliki Badan Hukum

Kamis, 2 Februari 2023 | 18:25 WIB
X