Minggu, 5 Februari 2023

Cara Mandi Junub yang Benar dan Dasar Hukumnya

- Minggu, 22 Januari 2023 | 21:07 WIB
Ilustrasi mandi junub atau mandi wajib. (Pixabay)
Ilustrasi mandi junub atau mandi wajib. (Pixabay)

RADARJABAR.com - Dalam ajaran agama Islam seorang lelaki maupun perempuan wajib melakukan mandi Junub atau mandi wajib. Hal itu, dilakukan untuk menghilangkan hadats besar atau janabat.

Merangkum dari berbagai sumber, mandi Junub atau mandi wajib dilakukan ketika mani dari alat kelaminnya, baik akibat mimpi basah, mempermainkannya, berhubungan seksual, maupun akibat gairah yang timbul akibat pengelihatan atau pikiran.

Tidak hanya itu, mandi junub juga sesuatu yang diwajibkan juga bagi perempuan yang telah selesai masa haid maupun nifas.

Baca Juga: Sejarah Vihara Widhi Sakti Kota Sukabumi, Dimulai dari Praktisi Kungfu

Selain itu, mandi junub ini sesuatu yang sangat penting untuk diketahui, pasalnya terkait dengan persoalan ibadah dalam agama Islam.

Pentingnya tata cara mandi wajib dalam Islam untuk bersuci dijelaskan dalamSurat An-Nisa ayat 43, yang berbunyi:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تَقْرَبُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَأَنتُمْ سُكَٰرَىٰ حَتَّىٰ تَعْلَمُوا۟ مَا تَقُولُونَ وَلَا جُنُبًا إِلَّا عَابِرِى سَبِيلٍ حَتَّىٰ تَغْتَسسِلُوا۟ ۚ وَإِن كُنتُم مَّرْضَىٰٓ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَآءَ أَحَدٌ مِّنكُم مِّنَ ٱلْغَآئِطِ أَوْ لَٰمَسْتُمُ ٱلنِّسَآءَ فَلَمْ تَجِدُوا۟ مَآءً فَتَيَمَّمُوا۟ صَعِيدًا طَيِّبًا فَٱمْسَحُوا۟ بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ ۗ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَفُوًّا غَفُورًا

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu solat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang apa yang kamu ucapkan, (janganlah pula hampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi. Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Pengampun." (An-Nisa: 43)

Adapun tata cara mandi wajib bagi laki-laki menurut Islam sesuai dengan sunnah antara lain:

Halaman:

Editor: Garis NB

Tags

Terkini

47.494 BUMDes Belum Memiliki Badan Hukum

Kamis, 2 Februari 2023 | 18:25 WIB
X