Senin, 6 Februari 2023

Beredar Video Putra Sulung Jokowi Gibran Rakabuming Raka Terlibat Korupsi Dana Bansos, Cek Faktanya!

- Senin, 23 Januari 2023 | 13:15 WIB
Tangkapan layar berita hoax  (Kominfo RI )
Tangkapan layar berita hoax (Kominfo RI )


RADARJABAR.com - Beredar sebuah video anak Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka akan dihukum mati karena terlibat kasus korupsi dana bantuan sosial.

Menyikapi hal itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan, video yang menyeret nama Jokowi dan Gibran Rakabuming Raka dan beredar pada akun YouTube "Agenda Politik" pada 19 Januari 2023 itu hoax atau berita bohong.

Video dengan judul "Jokowi Stres - Gibran Dipastikan Dihukum Mati - Novel Baswedan Tagih Janji Firli" itu, hingga saat ini sudah diputar lebih 191 ribu kali dan mendapatkan respon 1.152 komentar.

Dilansir dalam web resmi kominfo.go.id, bahwa klaim Gibran Rakabuming Raka yang akan dihukum mati karena terlibat kasus korupsi dana bansos adalah tidak benar.

"Faktanya, tudingan Gibran Rakabuming Raka dalam kasus korupsi bansos tersebut sudah beredar sejak tahun 2020," tulis Kominfo.

Gibran sendiri merasa dirugikan dengan isu beredar tentang dirinya terkait dengan kasus korupsi bansos yang dikelola Kementerian Sosial.

"Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini menegaskan tidak pernah ikut campur dalam urusan bansos," tulis Kominfo lagi.

Kominfo juga menyematkan link counter terkait berita hoax tersebut berikut linknya:

- https://turnbackhoax.id/2023/01/20/salah-jokowi-stres-gibran-dipastikan-dihukum-mati/.

 

Halaman:

Editor: Garis NB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

47.494 BUMDes Belum Memiliki Badan Hukum

Kamis, 2 Februari 2023 | 18:25 WIB
X