Jumat, 31 Maret 2023

Batu Gamelang Gunung Padang Cainjur: Antara Mitos dan Fakta Peneliti

- Kamis, 9 Maret 2023 | 13:38 WIB

RADAR JABAR - situs megalitikum batu Gamelan Gunung Padang Cainjur adalah sebuah situs syarat sejarah yang terletak di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Indonesia.

Gunung Padang Cianjur ini banyak disorot publik karena diduga kuat bahwa situs ini adalah situs megalitikum tertua di dunia, bahkan lebih tua dari piramida di Mesir.

Selain kekaguman dan menimbulkan banyak spekulasi, situs Gunung Padang Cianjur ini juga dikelilingi oleh mitos dan legenda yang menambah daya tariknya.

Baca Juga: Memukau, 3 Destinasi Cianjur Banyak Dikunjungi Wisatawan Asing

Salah satu mitos yang terkait dengan Batu Gamelan Gunung Padang Cianjur adalah bahwa batu-batu di situs ini dapat mengeluarkan bunyi seperti gamelan jika dipukul dengan tangan atau benda lainnya.

Menurut legenda setempat, Batu Gamelan Gunung Padang dulu merupakan tempat yang sangat sakral dan dipercaya sebagai pusat kekuatan spiritual.

Para penduduk setempat percaya bahwa bunyi gamelan yang dihasilkan oleh batu-batu di situs ini berasal dari para dewa yang tinggal di dalamnya.

Baca Juga: Jadi Makanan Legendaris, Begini Resep Bubur Ayam Khas Cianjur yang Punya Cita Rasa Lezat

Namun, sampai saat ini belum ada penjelasan ilmiah yang dapat menjelaskan fenomena bunyi gamelan yang dihasilkan oleh batu-batu di situs ini.

Beberapa ilmuwan dan ahli arkeologi telah melakukan penelitian dan percobaan untuk mencari tahu lebih lanjut tentang situs ini, namun belum ada kesimpulan yang pasti.

Meskipun begitu, Batu Gamelan Gunung Padang tetap menjadi tempat yang menarik dan misterius bagi banyak orang.

Baca Juga: Bubur Ayam Khas Cianjur, Cocok Dimakan Saat Kamu Liburan di Sekitar Kawasan Puncak

situs ini terus menjadi objek penelitian dan penelusuran oleh para ahli dan peneliti, serta menjadi destinasi wisata yang populer di Indonesia.

Editor: Amus Mustaqim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X