Jumat, 31 Maret 2023

Situ Gede Tasikmalaya, dari Persembunyian Tentara Jepang Hingga Jadi Wisata yang Mengesankan

- Rabu, 15 Maret 2023 | 20:49 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat mengunjungi Situ Gede Ahad, 15 Januari 2023. (Biro adpim pemrov Jabar)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat mengunjungi Situ Gede Ahad, 15 Januari 2023. (Biro adpim pemrov Jabar)

JABAR - Objek wisata Situ Gede Tasikmalaya merupakan salah satu tempat wisata berupa situ yang paling bersejarah di Tasikmalaya.

wisata Situ Gede Tasikmalaya mampu menarik pengunjung dari berbagai kota, karena keistimewaan dan pemandangannya.

Lantas seperti apa sejarah keberadaan dari Situ Gede Tasikmalaya  Ini ? Dirangkum dari beberapa sumber, danau yang berlokasi di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat ini, dikenal sebagai salah satu tempat wisata yang populer dan memiliki sejarah panjang.

Baca Juga: Ngehits Abis, Berikut 5 Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Instagramable

Pada tahun 1825, diceritakan ada seorang pria bernama Raden Saleh menghimpun dana untuk membangun danau ini.

Pria tersebut menjual tanah yang ada di sekitarnya, hasilnya dikumpulkan sebagai dana pembangunan danau. Jadi, sejarah Situ Gede sudah dimulai sejak abad ke-19, ketika daerah ini dikuasai oleh Kerajaan Sunda.

Danau ini rampung dibangun Pada tahun 1835, Pada mulanya, danau ini digunakan untuk irigasi sawah dan sebagai sumber air bersih bagi penduduk sekitar, walaupun akhirnya dibuka untuk umum.

Baca Juga: Explore 4 Tempat Wisata di Sukabumi, Lokasi Berdekatan Bisa Dikunjungi dalam Waktu Seharian

Situ Gede mulai dikembangkan sebagai tempat wisata pada tahun 1920-an. Namun, selama berlangsung Perang Dunia II, Situ Gede digunakan sebagai tempat persembunyian oleh tentara Jepang dan tentara nasional Indonesia.

Setelah Perang Dunia II berakhir, Situ Gede dikembalikan pada misi awalnya, didesain ulang sebagai tempat wisata. Pembangunan fasilitas wisata dilanjutkan dan danau ini menjadi salah satu tempat wisata yang populer di Jawa Barat.

Baru-baru ini, pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Sumber Daya Air Jabar. Melakukan revitalisasi dan penataan Situ Gede.

Baca Juga: Korban Longsor Empang Bogor Masih Belum Ditemukan

Untuk tahap pertama ini, revitalisasi akan dilakukan pada area seluas 2.800 meter persegi. Harapannya, agar terpelihara ekosistem alami dan ekologi, serta meningkatkan citra kawasan wisata sekaligus konservasi.

Sesuai arahan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Situ Gede akan menjadi destinasi wisata yang diorientasikan dapat memberikan pendapatan dan kemajuan ekonomi di Tasikmalaya.

Halaman:

Editor: Amus Mustaqim

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X